Posted by : Rhani Mahrani Rabu, 26 Januari 2011

          Sebenarnya, modal apa sajakah yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru agar benar-benar mampu menjadi terdepan dalam perubahan jaman?Berikut adalah sejumlah kriteria yang menjadi bahan pertimbangan bagi guru maupun bagi calon guru agar mampu tampil sempurna di depan anak didiknya;

  1. Kecerdasan spiritualnya memadai, kecerdasan spiritual merupakan modal dasar bagi seorang guru untuk menjadi sosok yang diharapkanmampu memberikan pencerahan batin bagi anak didiknya.
  2. Kecerdasan emosinya cukup; kemampuan emosional merujuk pada kecakapan untuk mengelolah batinnya sendiri dan batin anak didiknya dan kemampuan untuk memberikan motivasi,baik kepada dirinya sendiri maupun kepada anak didiknya.
  3. Kecerdasan Intelektualnya lumayan; Yang dimaksud lumayan itu apabila ia mampu menguasai bidang yang diajarkan dengan baik. Disamping itu nalarnya tidak mandeg sehingga tanggap terhadap perkembangan baru terutama yang berkaitan dengan bidangnya.
  4. Memiliki kemampuan berbicara ; Yang dimaksud memiliki kemampuan berbicara adalah apabila ia menerangkan, dapat diterima dan dimengerti oleh anak didiknya.
  5. Sabar menghadapi anak didiknya; Seorang guru mestinya identik dengan seorang yang matang jiwanya. Mampu berpikir dewasa dan sabar dalam menghadapi kendala apapun yang menghalangi tugas-tugasnya.
  6. telaten membimbing anak didiknya ; Ketelatenan akan mengubah apa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Semua guru seyogyanya memiliki sifat telaten dalam membimbing anak didiknya. jangan terburu-buru karena ingin nyambi di tempat lain atau ingin segera cepat-cepat pulang untuk cari obyekan.Yang kasihan adalah anak didik , mereka tak mungkin menangkap dengan baik materi yang diajarkan.
  7. Memiliki kedisiplinan yang tinggi; Disiplin merupakan faktor penting pembentuk karakter para anak didik.Profesionalisme seorang guru bisa diukur dari tingkat kedisiplinannya dalam menjalani profesinya Disiplin bukan hanya terbatas oleh soal waktu, namun juga menyangkut perilaku yang lain seperti kerapian berpakaian, dan lain sebagainya.
  8. Komunikatif ; Seorang guru dituntut untuk mampu komunikatif dengan anak didiknya. Ia harus berusaha menghilangkan kesenjangan psikologis yang biasanya menghambat hubungan antara guru dan anak didik. Guru harus membangun kedekatan dengan anak didiknya , namun tetap menjaga wibawanya sebagai seorang guru.
  9. Memiliki kepekaan dan kepedulian ; Kepedulian, betapa langkanya sekarang. Ketika setiap orang cenderung memikirkan perutnya sendiri, para guru bahu membahu membantu anak didiknya agar bisa terus sekolah. Diantaranya ada yang harus membagi gajinya untuk membantu biaya transportasi anak didiknya yang rumahnya jauh dari sekolah dan harus berjalan kaki karena tidak punya sepeda.
  10. Memiliki jiwa pendidik ; Berbeda dengan profesi lain yang lebihbanyak mengelola benda-benda mati, tugas guru jauh lebih berat. karena mereka langsung berhadapan, dan bukan sekedar berhadapan tetapi juga berdialog dengan kewajiban mencerdaskan obyek yang diajak berdialog tersebut.Guru berkewajiban mengelola potensi manusiawi yang berupa murid yang semula tidak tahu apa-apa menjadi tahu segalanya. Disini diperlukan sebuah "jiwa"/ "ruh", sehingga proses belajar-mengajar tidak terkesan formalitas.Dengan kata lain, guru berkewajiban memiliki jiwa pendidik dalam dirinya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Rhani Mahrani - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -